Bagaimana cara menyiapkan mental agar berani berlatih mengendarai mobil jika saya adalah orang yang penakut?

 Yang paling pertama dan utama adalah beranikan dirimu!

Mengemudi adalah skill, yang mana akan lebih terasah saat sering dipraktekkan bukan dipelajari secara teori. Teori tetap diperlukan, namun dalam porsi yang lebih sedikit.

Begini urutan sebelum mengendarai mobil versi saya:

  1. Kenali dulu mekanisme pengoperasian mobil anda. Ada banyak merk dan jenis mobil, terkadang mobil satu dan lainnya berbeda mekanismenya. Termasuk transmisinya, ada yang manual ada yang matic.
  2. Pahami semua fitur di mobil anda. Pemahaman fitur ini sangat penting agar anda kenal betul dengan mobil anda, agar nantinya anda tidak bingung dan panik jika nantinya ada masalah di jalan.
  3. Jika belum berani untuk turun di jalan raya sendiri, carilah pendamping yang fasih mengemudi.
  4. Berdoa.
  5. Mengemudilah.

Saya dulu berlatih mengemudi dengan ayah saya hanya dalam waktu kurang dari seminggu. Berbekal nekat dan skill bermain game rally di pc, saya memutuskan untuk turun ke jalan berlatih sendirian. Hampir setiap hari saya berlatih sendirian. Saya mencoba berbagai medan termasuk belajar untuk parkir paralel. Pada mulanya dulu saya amat teledor hingga membuat bodykit mobil saya lecet di sisi depan kanan dan kiri; semuanya terjadi saat posisi mobil baru mulai jalan dari titik berhenti ( nabrak tong, nabrak tunggak jati 🥲).

Sebulan setelah cukup latihan sendirian, saya memutuskan untuk membawa mobil saya untuk ngampus. Menempuh perjalanan 57KM dari rumah, menghadapi medan perkotaan yang penuh kemacetan. Tidak ada masalah samasekali. Semua berkat wejangan ayah saya selalu berhati-hati dan sabar.

Awalannya memang saya deg-degan, namun ternyata caranya sama saja seperti mengendarai motor sport saya. Untuk yang baru menata mental untuk memulai; semangat! Kamu pasti bisa!


Source

0 Response to "Bagaimana cara menyiapkan mental agar berani berlatih mengendarai mobil jika saya adalah orang yang penakut?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel