Apakah terdapat perbedaan kandungan kimia antara air mata yang dihasilkan karena kesedihan dengan air mata yang dihasilkan karena kebahagiaan? Mengapa?

 Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air mata membuat wajah orang terlihat lebih sedih. Pada studi lain menunjukkan bahwa orang lebih bersedia memberikan bantuan kepada mereka. Mereka yang di wajahnya tampak air mata, mendapat rasa kasihan lebih dari orang lain yang melihatnya.

Ada beberapa jenis air mata. Air mata emosional memiliki komposisi kimia yang berbeda dari yang lain. Air mata emosional, juga dikenal sebagai air mata psikis, memiliki konsentrasi hormon berbasis protein yang lebih tinggi, termasuk prolaktin, serta neurotransmitter leucine enkephalin (obat penghilang rasa sakit alami yang dilepaskan saat tubuh sedang stres). Air mata refleks seperti yang dihasilkan saat kita memotong bawang bersifat kurang kental atau kurang lengket. Akibatnya, air mata psikis akan bertahan lebih lama di wajah seseorang. Artinya, air mata psikis punya eksposure lebih lama untuk dilihat oleh orang lain.

Susunan kimia yang berbeda ini bisa dilihat efeknya di bawah mikroskop. Seorang fotografer mengoleksi gambar beragam jenis air mata yang sudah kering.

3 jenis air mata : refleks (merah), basal (hijau), psikis (oranye)

Kredit foto © Rose-Lynn Fisher, milik artis dan Craig Krull Allery, Santa Monica, CA.


Link


0 Response to "Apakah terdapat perbedaan kandungan kimia antara air mata yang dihasilkan karena kesedihan dengan air mata yang dihasilkan karena kebahagiaan? Mengapa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel