Guide untuk Flash firmware Android China (merubah BIN menjadi scatter)

Guide untuk Flash firmware Android China (merubah BIN menjadi scatter).

Flash firmware Android China. Keberadaan perangkat telekomunikasi dengan berbasis Android saat ini sangat banyak beredar di Indonesia, berbagai macam pilihan perangkat Android ditawarkan dipasaran, dari Android yang branded sampai Android yang berharga murah yang dikeluarkan produsen dari China dapat anda temukan di pusat penjualan handphone. Pada dasarnya performance atau kehandalan dari masing-masing perangkat Android ditentukan oleh dapur pacu yang menggerakan sistem operasi android tersebut. Mulai dari RAM, processor, sampai dengan chipset yang digunakan.

Sekian banyak perangkat Android yang tersedia dipasaran tidak semuanya menggunakan chipset yang sama, tetapi yang paling populer dan banyak digunkan adalah chipset Qualcomm, Intel, Exinos atau MTK sebagai prosesor intinya..Pada umumnya perangkat Android dengan harga relatif murah yang dikeluarkan oleh produsen China menggunakan CPU MTK. Karena memiliki harga yang murah, perangkat Android China ini sering bermasalah pada bagian softwarenya. Jika anda ingin memperbaiki software tersebut, anda harus sudah memiliki sebuah perangkat yang disebut dengan box flasher.

Box flasher ini banyak digunakan pada sebagian besar teknisi untuk mereparasi perangkat Android, macam-macam Box Flasher yang digunkan saat ini adalah Volcano, Riff Box dan Z3X Easy JTAG. Namun jika anda pribadi inigin memiliki BoxFlasher ini, anda harus menebusnya dengan harga yang relatif agak mahal, yaitu sekitar 2 jutaan. Tentu sayang jika anda hanya menggunakan Box Flasher hanya untuk sekedar uji coba untuk mengatasi software Android handphone China yang sering bermasalah.

Anda masih dapat menyelesaikan untuk memperbaiki software perangkat Android China yang bermasalah dengan manggunakan sebuah program yang disebut dengan SP Flash Tool, SP Flash Tool adalah sebuah program yang digunakan untuk flashing pada perangakt Android yang menggunakan chipset Mediatek. disini SP Flash tool akan digunakan untuk memperbaiki kerusakan software pada Handphone China tanpa menggunakan Box Falsher.

Untuk dapat menggunakan SP Flash Tool anda harus sudah memiliki Stock ROM atau Firmware, dimana Stock ROM ini nantinya akan dimasukan ke dalam memory handphone. Sering terjadi untuk mendapatkan Stock ROM pada perangkat Android yang menggunakan CPU mediatek atau MTK tidak berupa file scatter, tetapi Stock ROM ini masih dalam berbentuk BIN. Sedangkan kita tahu bahwa Stock ROM yang berbentuk BIN ini tidak dapat digunakan untuk flashing menggunakan program SP Flash Tool.

Pada guide ini dapat juga anda gunakan untuk membuat scatter file pada perangkat Android yang menggunakan chipset MTK MT6572, MT6577, MT6582, MT6589, MT6592, MT6595. Sekarang kita lanjutkan tutorialnya untuk memecahkan firmware yang berbentuk BIN menjadi file Scatter, guide ini juga dapat anda gunakan untuk membackup firmware pada perangkat Android tanpa harus melakukan Root terlebih dahulu.

Cara Mendapatkan ROM berbentuk file BIN.

Untuk mendapatkan ROM dalam bentuk file BIN, anda dpat mengikuti guide dibawah ini, 
  1. Untuk anda yang sudah memiliki Box flasher volcano, silahkan buka dulu box flasher tersebut.
  2. Pada jendela yang terbuka, silahkan anda pilih Tab Android.
    box flasher volcano
    box flasher volcano
  3. Kemudian anda akan melihat jendela baru yang muncul, Android Tool V.2.2
    box flasher volcano
    box flasher volcano
  4. Pada jendela tersebut (lihat gambar diatas), silahkan pilih :
    • Read flash,
    • lalu, pilih Start 
    • Kemudian dilayar akan muncul tulisan Analysis of USB port, please insert phone USB cable. segera hubungkan perangkat Android China ke komputer.
    • Dalam hal ini, Android China harus dalam keadaan mati (turn off) dan baterai masih dalam keadaan terpasang
    • Tunggu proses sampai selesai, 
    • Setelah selesai, anda akan diminta dimana lokasi untuk menyimpan file BIN
  5. Setelah file BIN anda tersimpan di local komputer, sekarang anda harus me rename file BIN tersebut.
    • Contoh : 
      • file asli = AndromaxV.bin
      • di rename = ROM_0.bin
  6. Sekarang anda buka program MTK Droid Tools, yang sebelumnya telah kita donwload dan install di komputer. Jika anda belum memiliki program MTK Droid Tools silahkan anda download disini, 
    http://androidmtk.com/download-mtk-droid-tool 
    Mtk droid tools - flash android cina
    Mtk droid tools - flash android cina
  7. Setelah itu anda pilih tab root, backup, recovery seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.
    root, backup, recovery - mtk droid tools
    root, backup, recovery - mtk droid tools
  8. Pada kotak yang berwarna kuning, yang ditandai dengan anak panah itu menunjukan bahwa status perangkat Android anda belum dalam keadaan root, dalam hal ini anda tidak harus melakukan root pada Android tersebut.
  9. Selanjutnya anda pilih tombol To process file ROM_from Flash Tool.
    To process file ROM_from Flash Tool. - mtk droid tools
    To process file ROM_from Flash Tool. - mtk droid tools
  10. Anda akan diminta untuk menambahkan file BIN yang sudah anda download dan rename menjadi ROM_0.bin (baca langkah nomor 5) Lalu Klik Open
  11. Setelah itu proses memecahkan file BIN menjadi file Scatter akan berjalan.
    proses memecahkan file BIN menjadi file scatter
    proses memecahkan file BIN menjadi file scatter
  12. Tunggu proses berjalan sampai selesai.
  13. Setelah itu silahkan anda buka folder MTK droid Tools
  14. Kemudian buka folder Backups, Disana anda akan menemukan berbagai macam file yang merupakan hasil pemecahan file BIN tadi.
  15. Disitu juga anda akan menemukan file Scatter. sebagai hasil pemecahan file BIN.
    file scatter - flash android cina
    file scatter - flash android cina
  16. File Scatter ini nantinya akan kita gunakan untuk melakukan flash pada perangkat Android China untuk memperbaiki software atau firmware yang rusak, dengan menggunakan program SP Flash Tool.
  17. Selesai.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guide untuk Flash firmware Android China (merubah BIN menjadi scatter)"

Post a Comment