Prosedur Yang Benar Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Prosedur Yang Benar Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Perintah untuk menghidupkan dan mematikan komputer yang baik dan benar adalah merupakan prosedur standar yang harus dimiliki oleh setiap siswa dalam mengawali pelajaran TIK. Tertuang dengan jelas pada Kompetensi Dasar dalam silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata pelajaran TIK Kelas X semester 1. Dimana setiap siswa dituntut untuk dapat mengoperasikan dari awal pada komputer yang akan digunakan untuk praktek tersebut, hal ini perlu diketahui dengan baik dan benar oleh semua peserta didik dengan maksud untuk menjaga dan mengupayakan agar perangkat keras yang berjalan pada komputer tersebut dapat berjalan dengan baik dan benar serta terjaga keawetanya, artinya perangkat komputer tidak cepat rusak karena perlakuan cara menghidupkan dan mematikan yang tidak benar.

Dapat kita ketahui semua bahwa komputer yang dimatikan atau dihidupkan tidak sesuai prosedur yang baik dan benar, maka dapat berakibat terganggunya aliran listrik pada sistem komputer sehingga komputer akan mudah rusak dan tentunya tidak dapat digunakan untuk selanjutnya. Berikut ini adalah prosedur yang baik dan benar yang dapat saya sampaikan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menerapkan kegiatan pembelajaran dalam dunia TIK di sekolah, sehingga sedini mungkin dapat meminimalisir segala resiko yang saya sebutkan diatas tadi.
Prosedur Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Prosedur Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Prosedur Menghidupkan Komputer Yang Baik

Dalam dunia komputer dikenal dengan istilah Booting, booting sendiri artinya adalah prosedur untuk menghidupkan komputer dari keadaan mati sampai komputer dapat langsung digunakan. Booting sendiri di kenal ada dua macam, yaitu warm booting dan cold booting. pokok bahasan ini akan dibahas pada artikel berikutnya adapun prosedur dan langkah-langkah yang benar adalah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama yang harus anda ketahui adalah memastikan semua kabel-kabel pada perangkat komputer sudah terpasang dengan benar pada Port-port yang tersedia. contohnya : Port  I/O dan pada Port Power Supply sebagai sumber arus listrik untuk menghidupkan komputer.
  2. Berikutnya adalah menghubungkan kabel dari Power Supply ke Stopkontak, dalam hal ini kita memakai sumber daya listrik dari PLN.
  3. Berikutnya adalah menghidupkan Monitor dengan cara menekan tombol Power yang terletak pada monitor, posisi tombol monitor berbeda-beda pada setiap unit monitor, ada yang terpasang pada bagian depan casing, ada yang terpasang dibagian samping casing monitor, silahkan anda kenali dengan baik monitor yang adna gunakan.
  4. Proses berikutnya adalah menekan tombol Power yang terletak CPU, letak tombol power pada CPU juga bervariasi, tergantung model dan casing yang digunakan.
  5. Silahkan anda menunggu beberapa waktu sampai komputer yang anda hidupkan dapat sempurna untuk melakukan Booting hingga muncul tampilan Dekstop, perlu diketahui, bahwa desktop adalah tampilan awal pada sebuah komputer hingga siap digunakan.
  6. Setelah anda berada pada layar desktop, artinya anda sudah berhasil menghidupkan Komputer dengan sempurna dan komputer dapat siap untuk digunakan.

Prosedur Mematikan Komputer Yang Baik

Prosedur ini berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis Microsoft Windows, Setelah anda memahami prosedur yang baik dan benar dalam menghidupkan sebuah komputer, yang perlu anda ketahui berikutnya adalah bagaiamana cara mematikan komputer yang baik dan benar, pada langkah ini adalah bersifat fital. Artinya anda harus dapat memastikan bahwa anda telah mematikan komputer tersebut dengan baik. Karena pada saat komputer menyala maka semua komponen dan perangkat yang terdapat di dalam sistem komputer dialiri oleh listrik, dan juga terdapat komponen mekanis yang harus dapat berhenti dengan baik agar tidak merusak data yang ada di dalamnya, komponen tersebut adalah hard dsik. oleh sebab itu anda harus memastikan semua komponen dapat berhenti bekerja dengan baik, sehingga mengurangi terjadinya kerusakan yang ditimbulkan oleh kesalahan dalam mematikan komputer tersebut. adapun prosedur mematikan yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Sebelum mematikan sebuah komputer anda harus memastikan semua program yang telah anda buka sebelumnya untuk ditutup terlebih dahulu.
  2. Berikutnya anda dapat mengarahkan ke posisi sebelah kiri bawah (untuk komputer windows) anda akan menemukan sebuah tombol yang diberi nama "START", jika sudah ketemu, silahkan klik tombol tersebut (gunakan tombol klik kiri pada mouse)
  3. Pada menu yang ditampilkan, silahkan anda lihat sebelah kanannya disitu terdapat tombol "shutdown". jika sudah ketemu silahkan anda klik menggunakan klik kiri pada mouse.
  4. Tunggu beberapa saat. maka komputer akan melakukan shutdown dengan sendirinya, pastikan komputer benar-benar mati dengan ditandai berhentinya putaran kipas atau fan yang berdengung.
  5. Setelah itu, anda dapat mematikan Monitor komputer lalu mencabut kabel power yang tersambung dengan StopKontak PLN yang terpasang pada dinding.
  6. Sampai pada langkah ini, anda telah berhasil mematikan komputer dengan sempurna.
Demikian artikel tentang Prosedur Yang Benar Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Prosedur Yang Benar Dalam Menghidupkan dan Mematikan Komputer"

Post a Comment