[Materi Dasar] Menggunakan Perangkat Lunak (Software) Pada Beberapa Program Aplikasi Yang Terinstall.

Advertisement

[Materi Dasar] Menggunakan Perangkat Lunak (Software) Pada Beberapa Program Aplikasi Yang Terinstall.

Jumpa lagi pada materi dasar TIK, Kali ini saya akan memposting materi tentang menggunakan perangkat lunak (Software) Pada Beberapa Program Aplikasi Yang Terinstall pada komputer, karena sifatnya sangat dasar sekali, maka perlu anda perhatikan dengan baik, terutama anda yang baru pertama bergelut dalam bidang teknologi khusunya komputer. maka perlu adanya anda untuk mempertimbangkan membaca lebih lanjut artikel yang saya buat ini. Perangkat lunak atau istilah kerenya adalah Software merupakan sebuah perangkat yang dibuat dari bahasa-bahasa tertentu yang tersimpan dalam sebuah aplikasi, perangkat lunak disini berfungsi sebagai penjebatan antara user atau pengguna komputer dengan perangkat keras atau hardware agar sebuah komputer dapat digunakan dengan baik.
Atau dengan penjelasan yang lain, perangkat lunak atau software merupakan bahasa penerjemah antara pengguna komputer sebagai orang yang memberi perintah atau instruksi dan komputer sebagai pihak yang menerima instruksi. Jadi Perangkat lunak adalah program yang berisi sekumpulan instruksi –instruksi yang akan mengatur kerja komputer dan untuk melakukan proses pengolahan data.
Perangkat lunak di dalam sebuah komputer berguna untuk :

  1. Mengidentifikasi sebuah program yang berjalan
  2. Untuk mengatur kinerja sebuah komputer, agar berjalan dengan baik dan stabil
  3. Untuk mengatur informasi berupa data yang terdapat di dalam sistem komputer
  4. Untuk mengendalikan dan mengontrol semua perangkat keras yang terhubung dengan komputer tersebut.

Macam-macam Perangkat Lunak

Berdasarkan fungsi dari perangkat lunak tersebut, perangkat lunak atau software yang terdapat di dalam komputer terbagi menjadi empat macam, apa sajakah :
  1. Sistem Operasi atau Operating System

    1. Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk mengontrol dan melakukan pengolahan pada perangkat keras atau hardware serta mengatur operasi-operasi dasar pada sistem komputer yang berjalan, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti pengolah kata dan browser web. Sistem operasi atau operating system berfungsi sebagai penghubung antara user atau pengguna komputer dengan perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software yang dijalankan pada sistem komputer. Anda dapat menemukan berbagai jenis-jenis system operasi yang digunakan saat ini dan varianya pun banyak dan beragam pula. dari sekian sistem operasi memang tidak semuanya populer atau terkenal dan digunakan oleh banyak pengguna komputer di dunia ini, dan hanya beberapa saja sistem operasi yang banyak digunakan saat ini, diantaranya adalah sebagai berikut :
      • Microsoft Windows. Microsoft Windows saat ini merupakan sistem operasi yang paling populer digunakan oleh setiap pengguna komputer di dunia ini, hampir sebagian besar orang yang menggunakan komputer pasti di dalamnya terdapat sistem operasi berbasis windows, entah darimana mereka mendapatkan sistem operasi ini, yang jelas mereka sudah berhasil menginstalnya pada komputer atau laptop amsing-masing. Maraknya penggunaaan sistem operasi windows ini banyak memunculkan pembajakan dan pencurian hak cipta terhadap installer sistem operasi Microsoft windows ini. Microsoft Windows merupakan system operasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft. Anda dapat menemukan beberapa produk system operasi yang dikeluarkan Microsoft dari zaman dahulu hingga sekarang, diantaranya adalah : Microsoft Windows 95, Microsoft Windows 98, Microsoft Windows XP, Microsoft Windows NT, Microsoft Windows ME, Microsoft Windows 2000, Microsoft Windows 2003 Server, Microsoft Windows Vista, Microsoft Windows 7. dan yang paling terakhir saat ini adalah Microsoft Windows 8.
      • Machintosh. Apple merupakan sebuah perusahaan teknologi yang mengembangkan sistem operasi Machintosh ini. Sistem operasi ini tidak dapat berjalan pada setiap komputer kecuali komputer yang mempunyai spesifikasi hardware yang telah dikembangkan oleh perusahaan Apple tersebut. Sehingga perangkat keras atau hardware serta perangkat lunka atau software dikemas menjadi satu paket pada saat pembelian. Sistem Operasi dari AMchintosh ini oleh kebanyakan orang disebut sebagai Mac OS, untuk versi terbaru dari Mac OS yang dirilis pada bulan Oktober 2014 adalah versi 10.10 untuk komputer. Mac OS juga dapat berjalan pada komputer laptop, dengan versi sistem operasi yang berbeda pula, yaitu versi MAC Mini, MAC Pro, Mac Book Pro dan lain-lain. Mengingat semua Hardware dan Software yang dikembangkan oleh Apple ini biasanya mempunyai harga yang relatif mahal, maka untuk pengguna sistem operasi machintosh ini adalah orang-orang tertentu saja. dan juga untuk sistem operasi ini sangat minim terhadap adanya pembajakan.
      • Linux. Saat ini linux merupakan sistem operasi berbasis Open Source. Open Source merupakan perangkat lunak yang programnya bersifat terbuka untuk umum sehingga siapapun dibebaskan untuk menyalin, momidifikasi, dan mendistribusikan software tersebut tanpa biaya lisensi. Jenis jenis linux (distro linux) diantaranya adalah RedHat, Mandriva, Suse, Ubuntu, Slackware, Fedora, Debian dan lain sebagainya. Adapun distro yang dikembangkan oleh orang Indonesia antara lain : Winbi, Igos, Pacer, Komura, Kuliax, Blankon, dan Pinux. Sehingga Linux saat ini adalah sistem operasi alternatif berbasis GUI yang dapat digunakan secara gratis dan legal. 
    2. Bahasa Pemrograman.

      1. Bahasa Pemrograman merupakan merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang berfungsi untuk membuat suatu aplikasi atau dengan menggunakan bahasa-bahasa dengan aturan atau prosedur tertentu. Manusia memberikan instruksi yang dimengerti computer melalui bahasa pemrograman, dan computer akan menerjemahkannya. Sesuai level yang ada dalam bahasa pemrogrman, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 bagian  yaitu :
        • low level language (contohnya adalah bahasa Assembly)
        • middle level language (contohnya bahasa C dan C++)
        • high level language (contohnya bahasa BASIC dan Pascal)
    3. Program Aplikasi 

      1. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu manusia menyelesaikan suatu pekerjaan pada bidang tertentu. Program aplikasi ini dikelompokkan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :
        • Program aplikasi pengolah kata (word processing)
        • Merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolah kata, contohnya WordStar, Word Perfect, Chi Writer, dan MS. Word.
        • Program aplikasi pengolah angka (spreadsheet)
        • Adalah aplikasi yang berorientasi pada pengolah angka, contohnya lotus, supercalc, Ms. Excel
        • Program aplikasi pengolah data. Aplikasi yang berorientasi pada pegolahan data, contohnya dBase, Foxpro, Ms. Accses
        • Program aplikasi presentasi.  Adalah aplikasi yang berorientasi untuk mempresentasikan makalah, contohnya Ms. Powerpoint dan macromedia flash
        • Program aplikasi grafis. Biasanya digunakan untuk keperluan desain. Program ini dibagi menjadi beberapa kategori
          1. Aplikasi pengolah tata letak (layout). Digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamplet, booklet, poster dan yang sejenis. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe FrameMaker, Adobe In Desain, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
          2. Aplikasi pengolah vector/ garis. Digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vector/ garis sehingga sering disebut sebagai illustrator program. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah Adobe Ilustrator, CorelDraw, Macromedia Freehand, dll.
          3. Aplikasi pengolah pixel/ gambar. Dimanfaatkan untuk mengolah gambar. Memanipulasi foto. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah Adobe photoshop, Corel Photo Paint, Microsoft Photo Editor, dll.
          4. Aplikasi pengolah film/ video. Dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah Adobe After Effect, Power Director, SShowBiz DVD, Nero Ultra Edition, dll.
          5. Aplikasi pengolah multimedia. Digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah Macromedia, Macromedia Authoware, Macromedia Director, Macromedia Flash, dll.
        • Program Multimedia. Meliputi program untuk memainkan music/ lagu, memutar film/ video, menangkap siaran radio/ tv dan sebagainya. Contoh program multimedia : Winamp, Jet Audio, Real Player.
        • Program internet. Merupakan program yang berhubungan dengan dunia internet, diantaranya :
          • Aplikasi web, contohnya : internet explorer, opera, firefox, konqueror, flock, dll
          • Aplikasi email, contohnya : outlook express, Eudora, Kmail, Evolution
          • Aplikasi chatting, contohnya : miRC, Yahoo Messenger, Gaim
          • Aplikasi teleconference, contohnya : Netmeeting, Gnomemeeting, Skype
          • Aplikasi social networking, contohnya : fb, twitter, friendster
    4. Program Utility.
      1. Program utility adalah perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja system operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Salah satu contoh program utility adalah antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu kita harus menambahkan sendiri program utility ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Materi Dasar] Menggunakan Perangkat Lunak (Software) Pada Beberapa Program Aplikasi Yang Terinstall."

Post a Comment