Root Xperia E Dengan Mudah [Full PC Tutorial]

Root Xperia E Dengan Mudah [Full Tutorial].

Root Xperia E. Posting dengan tema Root Android kali ini akan saya bawakan sebuah Tutorial cara melakukan Root pada Xperia E C1505, seeprti Tutorial Root Android lainya, posting kali ini juga saya buat sederhana, namun lengkap. sehingga mudah dipahami dan dimengerti tentang cara root yang baik dan benar, sehingga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses root.

Sebenarnya untuk melakukan root pada Xperia E C1505 dapat menggunakan aplikasi apk framaroot, namun hal ini hanya berlaku pada Xperia E C1505 yang menggunakan Firmware lama, sedangakan untuk firmware yang baru hal ini sudah tidak dapat kita lakukan dengan melakukan root menggunakan Framaroot.

Seperti biasa kami perlu menginformasikan kepada anda semua mengenai kelebihan dan kekurangan jika kita melakukan root pada sebuah handphone android, hal ini berguna sebagai pengetahuan kita sebelum kita melakukan root, nah silahkan baca mengenai kelebihan dan kekurangan root. Sebenarnya tutorial ini bukanlah merupakan hasil xperimen pribadi saya, tetapi merupakan pengembangan materi dari sumber XDA disini.
Root Xperia E
Root Xperia E



Kelebihan Root :
  • Anda akan memiliki akses tak terbatas dalam sistem operasi Android. 
  • Anda juga dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna. 
  • Anda dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi 
  • Selain itu anda juga dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor. 
  • Satu lagi, anda dapat melakukan Overclock prosesor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat. 
Kekurangan Root:
  • Anda akan kehilangan garansi perangkat Smartphone; semua vendor ponsel mengatakan bahwa perangkat Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggungjawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah diroot. 
  • Perangkat anda akan rentan terhadap virus dan perangkat perusak (malware)
  • Kemungkinan besar jika terjadi kesalahan Handphone anda akan masuk ke tempat sampah, alias mati total.
Perlu anda sadrari bahwa dengan tips apapun proses root terhadap android tetap beresiko jadi lakukan dengan bijak, dan dengan resiko anda sendiri. terlebih untuk selalu melakukan Back Up data terlebih dahulu.

Root Xperia E Dengan Mudah [Full PC Tutorial]

Pastikan kernel yang sekarang adalah 11.3.A.2.23 (Build Number). Jika versi kernel dibawahnya atau versi yang lama bisa langsung diroot dengan framaroot. Lihat gambar dibawah ini :
Root Xperia E
Root Xperia E


Yang akan kita lakukan adalah menurunkan versi kernelnya, root dengan framaroot, dan menaikkan lagi kernelnya. Sebenernya saya tidak merekomendasikan cara ini, karena membutuhkan bandwith yang besar sekali.

Cara Melakukan flash firmware

  1. Pastikan kuota internet masih banyak kurang lebih 900MB :D
  2. Pastikan baterai minimal terisi 80%.
  3. Matikan antivirus yang ada
  4. Di PC sudah terinstal USB Driver/ Sony PC Companion Jika belum silahkan unduh dan instal.
  5. Aktifkan USB Debugging. Buka di Pengaturan > Opsi Pengembang(Developer Option).
  6. Unduh dan instal flash tool disini, setelah terinstal akan ada folder C:\Flashtool
  7. Buka C:\Flashtool\Firmwares. Hapus semua data yang adadidalam folder firmwares.
  8. Unduh firmware 11.3.A.0.47. Copy dan Pastekan ke C:\Flashtool\Firmwares
  9. Jalankan FlashTool.exe. Tekan tanda petir  pada sisi kiri atas.

    Root Xperia E
    Root Xperia E
  10. Akan muncul pop-up, pilih Flashmode
  11. Pada jendela selanjutnya memilih firmware yang akan diinstal, firmware yang kita siapkan seharusnya sudah terdeteksi. Jangan centang DATA & CACHE, centang semua pada Exclude kecuali KERNEL.
  12. Klik OK lalu flashtool akan mulai proses instal. Lalu kita diminta menghubungkan ke HP ketika sudah pada flashmode. Untuk melakukannya matikan HP sampai benar-benar mati. Setelah itu tahan tombol volume bawah lalu hubungkan ke PC. Jika benar lampu led menyala hijau.
  13. Setelah berhasil dihubungkan, flashtool akan memulai proses instalasi. Jika terlihat seperti hang atau macet biarkan saja, sabar dan tunggu sampai selesai.
  14. Setelah ada pesan flashing selesai, cabut HP dari komputer dan biarkan reboot. Boot yang pertama biasanya  agak lama, karena pakai firmware lama banyak yang tidak bekerja seperti WIFI, dll. Jangan kuatir nanti setelah instal firmware baru semua kembali normal.

Cara Root Xperia E

Selesai flash firmware sekarang ke langkah ROOT. Unduh dan instal framaroot disini, pilih exploit Gandalf. 

Root Xperia E
Root Xperia E

0 Response to "Root Xperia E Dengan Mudah [Full PC Tutorial]"

Post a Comment